Senin, 22 September 2014

The Observer of Authentic Story



Selamat sore para pembaca! Kalo dari kemaren-kemaren gue ceritanya tentang gue dan beberapa kejadian yang terjadi di sekitar gue, pada kesempatan ini gue akan nyeritain pengalaman orang lain...nge gosip gosip gitu ceritanya. Oh iya, btw nyeritain pengalaman orang ini juga gara-gara tugas, tugas salah satu mata kuliah di kampus gue. Mata kuliahnya juga mungkin rada asing sih, mungkin 
Cuma di kampus gue yang ada mata kuliah kayak itu....ayo coba tebak tebak.....

Rada asing ya hemmm iya, sampe sekarang juga masih sangat abstrak buat gue, kalo bisa di jelaskan dengan satu kalimat adalah mata kuliah ini mempelajari bagaimana memasarkan sebuah produk atau layanan kepada orang-orang yang sibuk yang memiliki waktu luang...abstrak nya adalah...orang-orangnya sibuk...tapi kita diminta untuk memasarkan produk atau layanan pada saat waktu luang...ITU KAPAAAAN ADA WAKTU LUANGNYAA :(

Oke, oke lupakan tentang seberapa abstraknya mata kuliah gue. Kali ini, gue akan ceritain tentang bagaiamana salah satu orang sibuk juga punya waktu luangnya.
Oke, namanya andreo...andreo taulani....(ya engga laaah, andreo aja), gue rada lupa sih nanya umurnya berapa, Cuma yang gue tau dia ini salah satu mahasiswa universitas tarumanegara jurusan akuntansi, ya kebayang dong kalo calon akuntan gimana sibuknya...sibuk mencari mana angka-angka yang bisa dimasukan ke kolom kredit atau debit...nah ternyata dugaan gue salah tuh kalo menilai dia sangat sibuk...pas gue tanya aktifitasnya apa aja selain kuliah nah dia ngejelasin

“hm biasanya sih gue main basket, jalan-jalan sama temen, main, baca komik. Tapi kalo gue jalan-jalan sama temennya itu biasanya malem, sekaligus cari makan malem. Cari makan yang murah-murah gitu di kaki lima”
 
Note : Maaf pak dosen, andreo ngga punya foto yang lagi makan di kaki lima...adanya yang lagi main basket.....

Nah, gue langsung heran dong, kenapa seorang mahasiswa akuntansi di universitas tarumanegara cari makan di murah di pinggir jalan, pas ngobrol-ngobrol ngalor ngidul ternyata pernyataan manusia sebagai homoekonomikus itu berlaku, dreo ngejelasin tuh

“kalo gue cari makan sih biasanya cari yang murah, enak dan gampang di akses. Kalo secara suasana sih ngga gitu peduli lah, yang penting bisa kenyang. Paling mahal sih Rp.26.000 gitu lah”


pas dia nyebut, makan-makan paling mahal Rp.26.000, gue langsung ngerasa, beeeeuh ini gue bangettt. Langsung kepikiran kapan-kapan gue harus makan bareng nih sama doi..ngerasa cocok banget lah. Pas lagi ngobrol-ngobrol gitu, ternyata dreo ini sebenernya ngga Cuma nyari makanan yang makan doang, tapi nyari sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhannya sebagai makhluk ekonomi, juga sebagai makhluk sosial. Menurut dia, cari makan murah tuh Cuma sebagai aktifitas pelengkap, aktifitas yang bisa di lakuin sambil mereka dan temen-temennya tuh nongkrong sambil  ngegosip, celetuk-celetukan lucu, dan sharing curahan hati. 

nih ada salah satu foto andreo dengan teman-temannya....
Akhirnya obrolan-obrolan kita berlanjut deh tentang curahan hati, gue sempet curhat juga ke dia tentang sudah berapa lama gue menyendiri (cigituuuu, engga deeeeng), nah dia sempet juga cerita ke gue kalo ternyata di tempat ibadah itu juga bisa melakukan curahan hati. Salah satu cerita dia mengenai tempat ibadah dan curahan hati tuh kayak gini

“ kalo menurut gue tuh ya, gereja itu selalu ngebantu untuk menyelesaikan masalah. Gereja itu selalu punya jawaban. Contohnya kayak waktu gue kan orangnya cepet marah, terus waktu itu dateng ke gereja dengen khutbah gitu, akhirnya gue ngerasa tuhan kayak ngetuk pintu hati gitu. Ngerasanya kayak nemu innerpeace”

Setelah ngobrol-ngobrol tentang aktifitas waktu luangnya, kita lanjutin deh dengan ngobrol-ngobrol gimana pengalaman dreo pas rekreasi, dia cerita kalo terakhir rekreasi itu pas SMA, sekitar 2-3 tahun yang lalu gitu. Perginya juga ya standartan tempat rekreasi jakarta lah, ke fatahillah, monas dan dufan.  Dari ke tiga tempat rekreasi yang pernah dikunjungin, yang paling berkesan buat dia tuh ngeliat benda-benda antik. Yang ada dibayangan gue kan tentang benda-benda antik tuh kayak keris mpu gandring, teks proklamasi atau peci nya soekarno....dan ternyata benar!! Bayangan gue dan penjelasan tidak jauh berbedaaa, yeaaay imajinasi gue ngga liar ternyata!!!

“waktu ke monas yang paling di inget itu ngeliat iconnya, terus juga ada benda-benda antik. Cerita tentang benda antik itu menarik. Cuma sayangnya kalo di monas tuh biasa, ya gitu-gitu aja”

Dreo juga nyeritain, pengalamannya ngeliat benda-benda antik juga cukup berkesan waktu ke museum fathillah, dia bilang waktu kesana itu ngeliat penjara bawah tanah yang dibawahnya ada duri besi dan diatasnya ada batu untuk niban tahanannya. (re : di dalam hati gue ngomong “ini dia terobsesi sama film saw apa gimana ya?”)

Selain ngeliat penjara bawah tanah yang ada di museum fatahillah, pengalaman paling berkesan pada saat rekreasi dia tuh pas lagi ke museum bank indonesia. Katanya sih di museum bank indonesia tuh high technology parah, gue kebayang sih ini orang pasti mengeluarkan beberapa ekspresi norak dengan mulut kebuka dan air liur kemana-mana saking takjubnya sama museum bank indonesia.

“waktu itu ke bank indonesia, keren banget. Yang gue liat disitu ada proyektor kan, ada koin terbang-terbang terus pas kita tahan keluar keterangannya. Itu tuh modern banget. Terus juga pas kesana tuh kayak ada tempat duduk gitu kayak dibioskop. Keren banget deh pokoknya”

*kebayangkan gimana dreo ini nyentuh-nyentuh koin berkali-kali supaya keterangan koinnya keluar*
 
Disamping pengalamannya yang berkesan, ternyata dari ketiga tempat itu ada yang bikin dreo ngga mau lagi berekreasi, yap dufan jawabannya....dia bilang sih waktu itu pergi ke dufan naik kora-kora, itu kelewat ekstreme dan buang-buang uang. Ya..kebayang sih, dreo culun sih emang orangnyaa hahaha peace.

Nb :
Pak dosen, maafin saya yah kalo foto sama ceritanya ngga nyambung....

#jakartareposeproject

Tidak ada komentar:

Posting Komentar