Jumat, 26 September 2014

Jokey Racer


Masih dan masih dan masih menceritakan bagaiamana orang-orang jakarta menghabiskan waktu luangnya. Untuk kesempatan kali ini, gue mendapatkan kesempatan untuk ngobrol-ngobrol sama salah satu siswa di SMK YADIKA. Kalo ditanya kelasnya, dia bilang sih kelas 2 SMK. Di yadika ini, doi ambil jurusan tekhnologi jaringan hahahha keren ya, gue ngga sempet nanya sih jenis ilmunya seperti apa...Cuma yang ada dibayangan gue adalah, cowo yang memiliki nama panggilan reski ini mempelajari bagaimana tekhnik menjaring wanita-wanita yang ada disekitarnya...jiahahhaa

Yuk, kita mulai aja gimana sih reski ini menghabiskan waktu luangnya. Hm menurut gue, ini adalah salah satu narasumber yang cukup susah untuk di cari informannya. Kalo secara lamanya waktu gue sama doi ngobrol-ngobrol...ini paling sebentar sih..tapi tapi!! Tetep kok ada cerita yang menarik kokk!! Kalo engga, ngga mungkin kan gue masukin ke blog yang cukup sepi ini hehehe cowo yang biasanya abis pulang sekolah ini punya kegiatan nongkrong-nongkrong, punya hobi nge gosip juga loh, selain nge gosip, dia juga hobi tuh ngobrol-ngobrol tentang motor

“ya kalo abis pulang sekolah sih biasanya nongkrong di sekolah, ya gitu-gitu aja sih paling. Pas ditongkrongan juga biasanya ngobrolin cewe atau motor sih”

Wuiiih, gue langsung ngerasa pas gue SMA banget nih, gue langsung ngebayangin posisinya reski itu kalo nongkrong pasti sambil jongkok, terus tas di depan, sambil ngerokok dan minum salah satu minuman dalam gelas plastik hahahaha oke itu Cuma bayangan gue doang..lupakan yah lupakan. Ternyata oh ternyata, hobi ngomongin motor ini biasanya dilakukan sama komunitasnya yang biasa nongkrong di kota tua..

“iya, biasanya tuh nongkrong sama komunitasnya. Di kota tua gitu, tapi kalo itu dulu sama komunitas vespa..kalo komunitas vespa kan sosialnya tinggi. Kalo sekarang udah lebih ke racing sih”

Yaaah, reski sudah pindah ke lain hati..eh salah ke aliran yang lain maksudnya. Reski juga ngejelasin dari segi aktifitasnya, kedua komunitas ini juga punya perebdaan yang cukup signifikan..kalo misalnya komunitas vespa itu lebih ke arah jiwa sosial yang tinggi, kalo komunitas racing ini lebih kearah jiwa egoisme yang tinggi

“iya, soalnya kalo racing tuh lebih ke arah ugal-ugalan gitu. Atau kita juga biasa ngadain balapan, balapannya juga ada dua jenis tuh, ada yang biasanya sendiri dan ada juga yang dari bengkel”

Yap yap, kalo bisa di terka-terka sih ya, komunitas ini terbentuk gara-gara bengkel itu bisa dijadiin base camp (hahaha base camp banget bahasanya....) obrolan kita berlanjutlah mengenai balapan yang sendiri dan yang bengkel itu bedanya apa. Kalo denger dari penjelasan cowo yang berkulit hitam ini, ternyata kalo sendiri itu dari segi taruhannya juga Cuma uang bensin...(re : 50.000 – 100.000) terus juga yang menjadi menarik adalah ada proses janjian kalo misalnya mau ngejalanin racing-racingan ini

“biasanya mulai racing-racingan jam 10 malem, ngga ada panitianya juga. Kita telfon gitu, atau kadang-kadang kita sampering juga. Pernah waktu itu gue disamperin di pinggir jalan. Ada yang nanya, “motor lo mau dilamar ngga?” nah gue Cuma jawab “bebas” akhirnya ngadu dah kita”

Ya, pas ngedapetin cerita yang cukup jelas tentang racing-racingan itu sendiri, gue tanya dong kalo yang misalnya antar bengkel itu gimana. Dengan ekspresi yang datar, reski ngejelasin

“kalo yang bengkel tuh bisa sampe juta-jutaan. Jalurnya juga resmi gitu, bisa pake izin polisi, terus juga cek motor gitu. Terus juga kalo bengkel tuh biasanya pake jokey-jokeyan. Gue juga pernah jadi jokey bengkel gue..Cuma kalah aja waktu itu”

Beeeeuh, ternyata ada panitia terselubung ya untuk menjalankan sebuah acara racing-racingan seperti ini.  Yang menarik adalah, ada juga pemberian nama kalo misalnya si jokey ini udah cukup senior...

“terus juga kalo udah senior, biasanya di kasih nama tuh dari bengkelnya. Kayak temen gue namanya jaung..tau dah artinya apaan”

Ya, gue belom bisa mendapatkan informasi yang cukup dalam sih mengenai pemberian nama yang dilakukan oleh pihak bengkel. Cuma reski mengakui bahwa kalo ngejalanin jadi jokey dan bisa dapet nama itu merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan....

Oke res, gue tau lo belom dapet nama dari bengkel lo..tapi gue akan memberikan nama lo “reski the risk” beeeuh keren banget kan hahaha

#jakartareposeproject

Tidak ada komentar:

Posting Komentar