Senin, 17 Juni 2013

this kepo is killing us softly

setelah beberapa lama tidak menulis dan menceritakan apa yang gue alami selama beberapa bulan belakangan, gue mencoba menuangkan apa yang gue rasakan lagi, sebelum-sebelumnya gue ga ngeshare pengalaman-pengalaman yang gamasuk akal gue ini karena menurut gue satu orang aja cukup untuk mengetahui apa yang gue rasakan, sekarang gue rasa selain para pembaca blog gue yang udah gatau kemana, minimal blog gue ini bisa lagi jadi wadah gue bercerita hehehe #curhat.
jadi, sebelumnya gue pernah ngebahas tentang kampus gue yang di idam-idamkan oleh banyak orang, ya prasetiya mulya business school. pas pertama kali masuk sejujur-jujurnya gue ga tau sebenernya langkah gue ini tepat atau engga pas masuk sekolah bisnis, apalagi gue ambil jurusan marketing yang sebenernya menurut gue kehidupan marketers atau para mahasiswa marketing itu ga segampang yang dibayangkan. pas semester lalu kemaren gue dapet mata kuliah consumer behavio, kalo bisa dibilang itu mata kuliah paling seru pada saat itu, gue dikasih tau gimana perlilaku para pembeli pas ngeliat suatu barang. waaah pas mata kuliah itu, yang namanya rajin, gue serajin rajinnya rajin, lebih rajin dari pada orang ngapel yang pertama kali jadian. soalnya gue disana kyk dapet banyak banget ilmu, tentang kenapa begini dan kenapa begitu. ada satu momen dimana gue lagi ketemu sama temen-temen lama gue, pas ngobrol gue langsung ngerasa jadi orang paling mengerti tentang dunia penjualan. ibarat kata nih ya, dosen lagi nongkrong sm anak kuliahan. tapi bukan stelan dosen-dosen yang pake celana diatas perut bukaaan, lebih kyk dosen gaul gitu hahaha oke stop pemujaan dirinya.
setelah semester satu gue lewati dengan predikat CUMLAUDE, CUMLAUDE SODARA CUMLAUDE gue lanjut semester berikutnya dan lagi-lagi mendapatkan pelajaran tentang konsumen. kalo kemaren gue diajarin kenapa orang bisa beli sesuatu dan didasari oleh perilaku ini, sekarang gue diajarin kenapa sih mereka bisa berprilaku seperti ini, ada apasih dibalik itu semua. jadi dimata kuliah itu, tiap dua minggu sekali gue disuruh turun langsung ke konsumen untuk mencari tau jawaban dari semua perntanyaan, kalo bahasa akademis mata kuliah ini dibilang "consumer insight" tapi kalo gue pribadi, melihat mata kuliah ini sebagai mata kuliah "consumer kepo" hahaha maksudnya gini, makin lo penasaran sama perilaku konsumen, makin lo dapatkanlah insight itu dan makin bagus lah nilai lo.
setelah beberapa minggu menjalani mata kuliah ini, gue dan teman-teman sekelompok tercetus pemikiran untuk mencari tau bagaimana perilaku dari para consumer harley davidson, pas gue interview sama salah satu consumer dari harley davidson, gue nemuin sesuatu yang wah banget, dia bilang nih kalo harley davidson itu istri pertamanya dia sedangkan istri keduanya dia, istri yang ada dirumah. pada saat itu gue berfikir, WHAT THE FUCK?! apa yang ada dipikiran orang ini, gue sempet berfikir, apa dia mau melakukan hal-hal yang dilakukan wanita dan pria diatas kasur sama motor gitu?! atau dia makan bareng sm motor gitu dimeja makan dengan lauk yang sama?! menurut lo aja gimanaaa, masa iya kalo motor makan bensin, dia makan bensin jugaa. minumnya sama-sama oli gitu wadoooooh, kiamat sudah dekat nih kalo ada aja 100 orang yang berfikiran seperti ini. ga nyampe otak gue untuk memikirkan apa yang ada dipikiran mereka.
setelah mendapatkan pengalaman seperti itu, gue juga sempet nyari-nyari kekepoan gue untuk mata kuliah ini, daaan kesalahan terbesar dalam hidup gue adalah, membawa pelajaran consumer insight ini kedalam kehidupan gue sehari-hari. gue jadi orang yang lebih kepo dari sebelumnya. contohnya gini, pas temen-temen gue ngobrol "bla bla bla bla" pas gue denger ini dari kejauhan, pasti gue langsung tanya "ada apa sih?" itu mending ya, kalo udah kepo addict yang bahaya, pas orang yang ga kita kenal lagi ngomong bla bla bla, terus kita tanya "ada apa sih?" hm bisa dibayangkan respon apa yang diberikan mereka-mereka, minimal nih ya dia cuma bilang "mau tau aja lo?!" kalo kita pengen taunya ke kaum-kaum ibu-ibu biang gosip yang kaget gaul misalkan pasti dia bilang "mau tau aja, apa mau tau banget nih?" nah, kalo kita kepo ke orang yang emosional? gimana ceritanya? pasti dia bakal bilang "mau tau aja lo, BANGSAT" kan berabe kan urusan, mulai kata-kata bangsat keluar, terus gue kepancing emosi kan, udah deh jadi suasana 300 spartan.
itu mending baru rasa sakit fisik yang kita rasakan, kalo kita kepo nya nih ya, ke account social media mantan, pas tau dia bales2 mention via twitter misalkan, atau wall to wall an di facebook misalkan, rasa sakitnya kan langsung hits banget tuh, ibarat kata kalo ditembak-tembakan head shoot, dan pengen nya dengerin lagu nya when i was your man nya bruno mars, di pinggir jendela sambil meluk guling....
udah cukup-cukup tentang penggambaran kepo nya, nah minggu ini gue lagi ngadepin final project consumer insight, daaan hal yang menurut gue rada ngebunuh perlahan adalah ketika kita dihadapkan dengan transcript wawancara setebal 50 halaman dan diminta untuk menganalisa kurang lebih 24 jam....di depan laptop seharian buka file ini, buka file itu...jam demi jam berlalu....berfikir...dan ketika sudah sampai titik maksimal capeknya kita dan belum selesai mengerjakan kewajiban kita gue cuma bisa bilang "kasurrr mana kasurrrr....aku kangen kamu...aku gamau kita pisah....kamu jangan tinggalin aku kasurrr" hahahaha menurut lo pada saat itu gue menggabarkan consumer kasur yang seperti apa??
ya tapi semua kejadiannya pasti ada alasannya, gue banyak belajar dari kekepoan-kekepoan ini, satu kalimat yang bisa gue share kekalian adalah "jangan kelewat kepo, kalo ga siap untuk terima rasa sakit yang kelewatan" mudah-mudahan sepenggal cerita ini bisa jadi pembelajaran buat pembaca, atau minimal buat gue dan blog gue sendiri hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar